11 September 2007

Dirangkum...dirangkum

Lama banget ya Bunda gak nge-blog. Iya soalnya lagi (sok) sibuk nih, anehnya kerjaan selalu dateng klo Bunda lagi nerima makan2 di rumah. Jadilah setiap para beybih itu tidur Bunda langsung manteng depan komputer hehe. Jadi cerita seminggu ini dirangkum aja ya....

Hamiz bisa berdiri

Yipee, akhirnya dik Hamiz bisa berdiri. Udah agak lama Ade suka nungging2 dengan cara kaki menjejak tanah dengan mantapnya. Setelah itu Ade bisa duduk sendiri dengan badan tegak. Caranya klo mau duduk lucu banget, selalu nungging dulu baru dia duduk.

Nah kira2 hari Jumat lalu dia mulai nunjukin tanda2 pengen berdiri. Ya udah Bunda langsung kasih stimulan2 ngelatih dia berdiri. Puncaknya waktu hari minggu tau2 dia berdiri sendiri sambil pegangan. Mbak Ntik langsung manggil-manggil Bunda yang lagi di dapur "Bu, ade berdiri bu". Bunda langsung lari dan emang Ade lg berdiri...yea Ade hebat!!! Langsung deh Bunda sms Eyang n Mama-nya Danish dan Hamiz.

Library bagi-bagi buku

Yup, perpus aka library Tembagapura lagi cuci gudang alias bagi-bagi paperback yang ada di koleksi mereka. Langsung Bunda n tante Juditth menggila lihat buku2 itu. Hari Sabtu, waktu bapak2 lagi ada di rumah kami langsung nyerbu library buat ngobrak-ngabrik plastik bukunya. Pulangnya harus dijemput soalnya tante Judith bawa satu plastik laundry hehehe.

Nah alesan mereka bagi-bagi buku karena lagi butuh ruang untuk buku2 baru yang mereka mau beli. Bunda ditawarin buat ngisi form isinya buku yang menurut Bunda menarik untuk dibeli sama library. Langsung deh gak menyia-nyiakan kesempatan, Bunda browsing di Amazon untuk cari2 buku yang best seller dan tentunya buku yang Bunda kepengen beli tapi males banget karena masih dalam bentuk hard cover yang harganya masih mahal banget.

Manusia mati meninggalkan nama

Ceritanya wiken kemarin Eyang n Aki pergi ziarah sambil kumpul ma keluarga besar Rarasoewi. Rarasoewi ini adalah paguyuban keluarga besar neneknya aki dari pihak ibunya yang urang sunda. Sementara klo kakeknya Aki adalah orang madiun yang kakak beradik sama neneknya Dian Sastrowardoyo (jauh banget ya hehe).

Aniwei, tujuan mereka ziarah adalah untuk nyekar ayah dari neneknya si Aki yang dulu bekas regent di Pandeglang tahun 1927-1940. Ajaibnya meskipun si pak Regent (R.A.A Wiraatmadja) aka kanjeng bintang udah turun jabatan dari tahun 1940, waktu ziarah kemaren mereka masih diterima di kabupaten. Katanya sih karena dia berjasa untuk kemajuan Pandeglang dulunya. Bunda aja sampe ketawa pas diceritain, iyalah wong kita dah merdeka dan ganti presiden brapakali ya dari tahun 45, tapi mungkin itu ya yang disebut manusia mati meninggalkan nama. Bahkan ketika beliau dah gak ada lama aja orang masih inget. Malah menurut cerita eyang, ada satu orang yang dulu ayahnya pernah bekerja untuk kanjeng bintang bercerita tentang beliau tanpa pernah nyebut nama dan hanya nyebut "kanjeng". Bis itu orang itu bilang kl dia gak bisa nyebut nama karena takut kualat....OMG hari giniiii gituw loo :).

Danish pinter

Danish sekarang dah tambah pinter ngomong. Suatu hari Bunda bli mpek-mpek trus dia ikutan ambil. Bunda tanya "mas mau?" tau gak jawabannya apa "gak ah buat Bunda aja..." wekssss bisa2nya jawab gt. Banyak banget kejadiannya tapi yang paling Bunda inget itu soalnya abis dijawab gt Bunda langsung speechless.com.

Puasa

Hiks...setiap mau puasa hati rasanya gimana gitu. Bunda juga bukan orang yang religius tapi rasa setiap muslim/ah pasti merasakan hal yang sama setiap datang Ramadhan. Apalagi buat Bunda ini adalah petama kali puasa setelah absen tiga puasa. Pertama karena hamil danish, breast feed Danish trus terakhir hamil Hamiz. Sekarang Bunda bisa puasa karena diz Hamiz mau dicampur formula mimik-nya. Dulu masnya gak mau minum susu formula jadi mana tega Bunda puasa.

Entah kenapa setiap mau masuk Ramadhan, Bunda selalu keinget sama rumah Eyangnya Bunda di Cirebon. Sampe kebawa-bawa mimpi terus. Malah kemarin2 hampir seminggu selalu mimpi naik kereta ke Cirebon tapi gak pernah sampai. Kejadiannya selalu aja turun di stasiun yang salah terus Bunda nanya sama orang "Ini sdh sampai di Cirebon ya?" dan jawabannya selalu sama "bukan Bu satu stasiun lagi". Dalam tiap mimpi selalu aja dari stasiun itu Bunda harus jalan kaki jauuuuuuuuh banget dan gak nyampe2 ke Cirebon...hiks jadi sedih.

Kalau dah mau puasa, Bunda selalu keinget suasana rumah Eyang,sampai jelas banget saking jelasnya sampe kayak nonton film. Terbayang remang lampunya, jalan kaki sama Sum (yang bantu2 eyang) dan Roh (yang ngasuh Bunda) dari rumah Eyang di Jl Kartini No 68 ke pelabuhan dan Taman Ade Irma (masih ada gak ya?). Atau naik sepeda sama sepupu Bunda di halaman rumah eyang dan yang paling bandel adalah nyebur ke kolam ikan rame-rame secara Cirebon emang puanaaaaaaaaaaaaaaas.

Ibu tiri itu kejam?

Apa iya ibu tiri itu selalu kejam? Kalau kata dongeng2 siy bgitu adanya. Kok Bunda tiba2 ngomongin ibu tiri siy? Emang siapa yang punya ibu tiri? Nggak, kemarin tuh waktu Bunda lagi di bis Bunda ngobrol sama seorang Ibu yang kebetulan punya anak tiri dari pernikahan pertama suaminya. Blio cerita klo anaknya susah dibilangin padahal dia sayang sama anaknya. Malah kadang blio lebih extra hati-hati kalau bersikap sama anak tirinya itu.

Bunda jadi keinget sama nini-nya Bunda. Nini ini maminya aki, walaupun sebetulnya ibu sambungnya (Aki gak mau bilang ibu tiri saking sayangnya blio sang mami). Mami kandungnya Aki dah meninggal waktu Aki masih umur 10/11 tahun karena sakit. Nah waktu Aki umur 15 thnan, papinya si Aki (yang Bunda panggil Aki juga) nikah lagi sama Nini Bunda. Niwei, Nini ini baeeeeeeeeek banget dan sama sekali gak kliatan ibu tirinya. Bunda aja baru tau setelah Bunda SMP. Itu juga karena Bunda diajak ke suatu pertemuan keluarga, yang katanya perkumpulan keluarganya Nini, yang bikin Bunda bingung kok Nininya sendiri gak pernah ada. Udah gitu waktu lihat silsilah keluarga kok Akinya Bunda nikahnya bukan sama Nini (yang Bunda kenal). Sampai rumah Bunda tanya ke Eyang "bu, tadi kok silsilah keluarganya aneh sih? Kok namanya Nini bukan Mulyati tapi Toeti Supraba?". Si eyang langsung speechless.com. Ya udah abis itu dia langsung cerita panjang lebar tentang sejarah keluarganya Aki.

Nini sendiri gak pernah cerita kalau blio bukan nenek kandung Bunda. Sampai pada saat Bunda mau nikah sama Ayah terus Bunda ke Bandung. Nini tiba2 ngeluarin album foto terus bilang "lihat ni foto bapakmu waktu muda." terus bilang lagi "ini foto pernikahan nini sama aki, ganteng ya akimu". Karena nini dah buka pembicaraan duluan Bunda langsung nanya "Ni, apa rasanya nikah sama duda punya anak 8?", Nini bilang "lebih berat, tapi langkah sudah diambil gak ada istilah mundur."

Jangan bayangin Nini adalah perempuan sembarangan sampai mau nikah sama duda beranak 8. Nini ini MR alias SH jaman dahulu kala. Pernah jadi hakim di Bogor dan Kepala Agraria Jakarta. Dulu waktu ketemu Aki katanya (kata kakaknya Nini) sebenernya Nini dah punya calon suami yang dokter dan singel, tapi terus nini milih Aki. Kalau kata kakaknya Nini, untung apa-nya udah gak ada klo masih ada pasti gak boleh hehe. Yang paling Bunda inget adalah kata-katanya Eyangtinya Bunda tentang Nini "nenekmu itu perempuan hebat, satu diantara seribu", secara emang eyangtinya bunda tau banget keluarganya nini di Cirebon.

ps: Info baru dari librarian di library TPRA buku request-an Bunda dah ada...yesh...yesh

1 comment:

M. Raul Yasin Widjayabrata said...

bener2 banyak ya rangkumannya hehehe........

yg jelas "HOREEEE HIDUP PUASAAA"