17 December 2007

Imunisasi flu

Rabu kemarin Bunda nyempetin buat imunisasi influenza di SOS (satu2nya RS disini). Awalnya hanya anak2 yang mau di imunisasi, tapi terus bidan yang ngasih shot nawarin Bunda supaya imunisasi juga. Ya udah akhirnya Bunda ikutan juga. Walaupun sempet ketakutan dan diketawain sama bu Bidan katanya "anaknya dirayu2 supaya mau eh taunya mamanya juga takut" hehe. Memang siy, buat sebagian orang influenza masih dianggap penyakit yang ringan dan bisa dikesampingkan, tapi dampak samping flu apalagi buat anak2 gak bisa dianggap remeh.
Awalnya Bunda sempet ragu karena biasanya Danish kalau mau disuntik suka "heboh" sendiri sampe yang megangin harus orang sekompi (hiperbola aja niy hehe). Bener lo, dulu waktu di Jakarta kalau Danish imunisasi yang megang harus Ayah, Bunda dan susternya dr Darlan (DSA-nya Danish). Padahal waktu dia masih kecil si klo imunisasi anteng2 aja tuh. Entah knapa stelah ngerti liat YPK ato Bunda aja langsung "heboh".
Sementara untuk imunisasi yang kemarin itu Ayah tentu aja gak bisa nemenin karena harus kerja di Grasberg. Akhirnya Bunda beraniin deh daripada gak imunisasi. Ternyata Danish sekarang sudah makin pintar bgitu disuntik cuma nangis sebentar setelah itu diam dan nonton Ade yang juga diimunisasi. Mungkin karena dia dah mulai bisa diajak ngomong dan dikasih pengertian juga kali ya. Selain itu dia juga ngeliat sebelumnya ada seorang Bapak yang juga disuntik dan tentu aja Bapak itu gak nangis hehe.
Sebelum memutuskan untuk ambil imunisasi flu. Bunda udah browsing n cari2 tahu tentang imunisasi ini. Secara kan memang vaksin flu memang belum menjadi vaksinasi wajib di Indonesia. Ternyata katanya vaksinasi ini bagus juga untuk diambil dan gak ada batasan maksimal umur. Klo minimal ya bayi di bawah 6 bulan katanya gak boleh. Manfaatnya klo buat anak kecil mencegah bahaya2 yang bisa ditimbulkan oleh dampak flu. Klo buat orang dewasa ya singkatnya kan klo kita flu pasti produktivitas kerja kita menurun. Memang gak bisa mencegah terjangkit flu 100% tapi katanya at least bisa bikin klo kena flu gak bakal parah2 amat. Di Indonesia vaksinasi flu blum menjadi vaksinasi wajib karena harganya yang masih mahal (kasihan ya orang Indonesia) jadi pemerintah belum bisa kasih subsidi. Untungnya kalau disini vaksinasi flu dll memang diberikan secara gratis.

No comments: